PT TRITAMA BELLA TRANSINDO

Minggu, 7 Desember 2008 01:29:45

 

TBT, Alternatif Solusi Pengiriman

Pagi itu, beberapa karyawan berseragam warna perpaduan orange dan kuning dengan ID card terpasang di saku, sedang asyik mengepak beberapa dokumen yang akan dikirim ke customer. Mereka nampak bersemangat memulai pekerjaan yang menjadi tanggung jawab setiap karyawan.
Di tempat lain, nampak beberapa karyawati dengan busana Islami, mengenakan jilbab sedang asyik di depan komputer. Begitu juga para karyawan lain sedang asyik memilah-milah lembaran laporan pengiriman.
Begitulah beberapa aktifitas yang terlihat di kantor PT Tritama Bella Transindo, Jakarta. Tritama sebagai anak perusahaan PT Pandu Siwi Sentosa (PSS) baru beroperasi penuh sejak Januari 2007. Saat ini, Tritama dipimpin oleh Ir Sahat H Dongoran.
Sebenarnya, Tritama awalnya bernama PT Pandu Bella Transindo. Tugas utama perusahaan ini muncul adalah untuk meng-handle pengiriman darat, laut dan moving. Namun karena pelaksanaannya kurang fokus maka hasilnya menjadi lambat.
Pandu Bella yang berdiri sejak tahun 1999 ini aktivitasnya kurang memperlihatkan hasilnya. Akhirnya setelah melakukan musyawarah manajemen melakukan perbaikan, ada beberapa perbaikan menyangkut manajemen, kepemilikan saham, bahkan pergantian nama perusahaan. “Saat itu, sebenarnya Pandu Bella sudah jalan namun karena pelaksanaannya kurang fokus jadi agak lambat,” ungkap Sahat.
Saat ini, Tritama telah memiliki cabang di 3 tempat, yaitu Semarang, Surabaya, dan Medan. Menurut Sahat, pada tahun ini rencananya akan dibuka kantor cabang lagi di 2 tempat, yaitu Malang dan Denpasar. “Ke depan kami terus melakukan sinerji dengan cabang-cabang yang ada di PSS di daerah,” paparnya.
Dengan rasa percaya diri, Sahat yang didukung oleh 50 staf karyawan dan 6 buah armada mobil akan terus melangkah dengan perencanaan yang matang. “Karena ini perusahaan baru, tantangannya juga besar. Tapi kami yakin, bisa menghadapinya,” ujarnya mantab.
Tritama sebagaimana perusahaan induknya juga melayani pengiriman darat, laut dan udara ke beberapa daerah. Keberadaan Tritama sendiri sebenarnya sebagai alternatif pilihan dari beberapa anak perusahaan PSS. Karena hampir seluruh produk layanan yang ada di PSS, ada di Tritama.
Dengan berubahnya manajemen di dalam tubuh Tritama, menjadikan perusahaan ini tertantang untuk bisa berkembang lebih baik. Menurut Sahat, ke depan, Tritama harus bisa menyamai induknya, PSS. Karena itu, ia terus berupaya bekerja keras untuk menghasilkan yang terbaik bagi perkembangan Tritama.
“Saya berharap ke depan perusahaan ini bisa besar seperti pendahulunya. Bahkan kalau bisa lebih besar lagi,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.