PT INDAH JAYA EXPRESS

Minggu, 7 Desember 2008 01:29:35

IJX Fokus Project Internastioanl

PT Indah Jaya Express (IJX) merupakan anak perusahaan Pandu Logistics. Perusahaan ini berdiri pada 25 Februari 2005. Usianya memang masih muda, namun semangat untuk berkembang sangat besar. Terutama untuk menjangkau pasar internasional.
Menurut General Manager IJX, Eka Irnanda Ilyas, perusahaan ini lahir sebagai pilihan bagi customer untuk mendelivery barang. Pandu Logistics sebagai perusahaan besar mencoba memberikan layanan one stop service untuk para customer.
IJX sebagai perusahaan logistics selalu berupaya memberikan layanan maksimal, terutama untuk urusan kurir, distribusi, project dan internasional. Meski pun perusahaan ini masih kecil, namun layanan yang diberikan tetap menjadi prioritas utama.
Di antara anak perusahaan Pandu Logistics, IJX mencoba tampil membidik pasar internasional, pasalnya selama ini Pandu fokus pada pasar domestik, sedangkan pasar internasional masih sangat urang, “Karenanya, kami mencoba mengembangkan pasar ke manca negara, meski tantangannya besar,” ungkapnya kepada Info Pandu.
Saat ini, menurut lelaki yang lama di DHL ini, pasar internasional masih dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar, sedangkan perusahaan kecil biasanya masih melakukan afiliasi dengan provider besar. Kendati demikian, IJX terus berjuang mencari pasar potensial internasional melalui jaringan yang ada.
“Luar negeri kita menggunakan pihak ketiga, kita berafilisasi dengan provider yang ada di luar negeri. Untuk jangkauan delivery bisa dijangkau ke seluruh penjuru dunia,” katanya.
Untuk menjangkau pasar potensial yang ada di luar negeri dan dalam negeri, IJX akan menempatkan tim marketing di garis depan, hal ini untuk mempelajari kemauan pasar yang ada, sebab tanpa itu, IJX tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi pasar yang sebenarnya.
Sembari menggarap para internasional, IJX juga tetap konsisten dengan pasar domestik yang juga terus mengalami perkembangan. Terutama untuk pasar di wilayah Indonesia Timur, seperti Papua, Sulawesi, Irian, Lombok dan lain sebagainya.
Di antara customer IJX adalah perusahaan Kimia Farma, Media Farma dan lain sebagainya. Biasanya ketika perusahaan ini memiliki produk baru, ia akan mengirimkan barang-barangnya ke depo-depo yang ada di daerah. Selain itu juga ada customer dari PT Telkom dan Diknas yang mengirimkan seperangkat komputer ke penjuru Nusantara.
“Saat ini kami melayani pengiriman seperangkat komputer dari Diknas untuk sekolah-sekolah yang ada di sebagian wilayah di Indonesia,” ujarnya.
Hingga saat ini, IJX telah merekrut karyawan handal sebanyak 50 orang. Sedangkan armada angkutannya mencapai 12 buah. IJX telah memiliki anak cabang sebanyak 7 cabang, yaitu di wilayah Yogjakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Cirebon, Bandung dan Cikarang. “Saat ini kami masih fokus dengan cabang yang ada, masih belum ada rencana membuka cabang,” ujarnya.
Ke depan, IJX berobsesi menjadi perusahaan logistics yang tak hanya berlingkup nasional tapi juga internasional. ROZI