PT PANDU SIWI SENTOSA

Minggu, 7 Desember 2008 01:29:25

Pandu Berawal dari Ruko Pinjaman


Ruko atau rumah toko berukuran 5 x 12 meter yang berada di Jl Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara tahun 1992 mulai ada aktivitasnya. Aura hidup dan kehidupan berhembus ritmis di dada para karyawan toko di daerah itu. Di sinilah, DR HM Bhakty Kasry menorehkan jejak bisnisnya pertama kali dengan bendera PT Pandu Siwi Sentosa (PSS) tepatnya pada 20 Agustus 1992. Di sini pula sejarah ketegaran Bhakty dicatat dengan tinta emas.
Siapa sangka, kantor sederhana yang ditempati Bhakty untuk bekerja adalah hasil pinjaman dari ruko om-nya bernama Sutanto. Meski masih menumpang, ia tidak merasa gengsi atau berkecil hati dengan keadaannya. Justru, di kantor sederhana inilah Bhakty menemukan kebebasan kreatifnya.
Inovasi-inovasi bisnis kerap lahir sebagai buah dari pengalamannya bertahun-tahun. Saat itu, karyawan yang bekerja dengan Bhakty masih berjumlah 10 orang dengan satu mobil box sebagai alat mengantar barang ke bandara atau ke pelabuhan. “Aku tidak berkecil hati, meski aku masih menumpang, justru aku tertantang untuk bekerja lebih giat agar bisa mandiri,” kata Bhakty.
Dengan penampilan sangat meyakinkan, seolah-olah memiliki perusahaan besar, Bhakty mengendarai mobil sedan grand civic warna hitam keluaran tahun 1991 untuk menawarkan jasa kurir dan mencari customer di beberapa perusahaan. Alhasil, beberapa perusahaan siap menjadi customer, walau sebagian masih hanya sebatas wacana dan belum memberi kepastian.
“Jadi ini benar-benar bantuan dari Allah sehingga aku bertahan seperti saat ini. Jadi seperti membabat hutan, karena tidak ada satu kelompok, induk yang men-support, tidak ada. Jadi dari nol blonol,” tegasnya.
PT Pandu Siwi Sentosa, nama ini diilhami oleh tokoh pewayangan bernama Pandu. Sejak berdirinya, perusahaan ini telah membuktikan eksistensinya di bidang jasa pengiriman ekspres domestik yang terpercaya.
Di awal tahun 2000, atas kepercayaan pelanggan telah hadir Pandu Siwi Group dengan brand markingnya bernama Pandu Logistik, yang merupakan sinergi dari tiga pilar kekuatan. Pilar utama yaitu PT Pandu Siwi Sentosa, PT Indah Jaya Express dan PT Pandu Bella Transindo.
Seiring dengan perkembangan jaman, Pandu Logistik telah memiliki jaringan team work tersebar di sebagian besar dunia, seperti di Asia, Timur Tengah, Eropa, Australia, USA, Amerika Latin, Canada dan Afrika Utara. Dan jaringan kerjanya terbentang luas hingga ke benua Amerika, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.
Selain cabang yang berjumlah 150 cabang dan karyawan lebih dari 2000 orang yang tersebar di Indonesia, Pandu Logistik juga memperkuat jaringannya di daerah, yaitu dengan menerapkan sistem desentralisasi, karenanya, perusahaan ini hanya perlu memiliki jaringan di 8 kota besar sebagai HUB, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Pekanbaru, Medan, Makasar, Mataram, Padang, dan Balikpapan.
Kemampuan Pandu Logistik dalam mengirimkan dokumen atau paket cukup fantastis. Dalam sehari Pandu Logistik mampu mengirimkan barang rata-rata 28 sampai 30 ton pengiriman melalui udara. Pelanggan yang masuk menjadi mitranya berjumlah 2500 pelanggan di Indonesia dan 1300 di antaranya di Jakarta.
Kelihaiannya bermain di medan korporat membuahkan hasil yang tak ternilai, selain secara finansial juga mampu mengangkat citra sebagai perusahaan yang layak dan capable. Kini, perusahaan ini memiliki banyak pelanggan korporat, di antaranya adalah Astra, Alcatel, Siemens, Hexindo, United Tractors, Mitsubishi, Coca Cola, Bank Mandiri, BCA, Bank Indonesia, City Bank, Standart Chartered Bank dan lain sebagainya.
Berkat layanan pengiriman yang prima dan tepat waktu, pada Maret 2005, Pandu Logistik mendapatkan penghargaan dari lembaga sertifikat sistem mutu ISO 9001:2000/ SNI 19-9001:2001 untuk manajemen pergudangan pengiriman darat, laut dan udara.
Selain itu, penghargaan lain yang pernah diperoleh antara lain: Adikarya Patrawahana Pos (2001) dari Departemen Perhubungan untuk bidang pengembangan cabang dan agen di seluruh Indonesia, penghargaan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Garuda Indonesia Airlines Achievment Award (2000), The Most Outstanding Domestic Cargo Agent (1999), dan The Best Performance for Domestic Cargo (1998)
Selain itu, Pandu Logistik juga pernah dipercaya sebagai mitra Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2004. Mulai dari pengiriman berkas untuk Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B) sampai pengiriman surat suara ke seluruh Sumatera. Selain itu, Pandu Logistik juga melakukan pengiriman buku-buku petunjuk dan komputer dari United Nation Development Programme (UNDP) ke seluruh kecamatan dan pelosok di Indonesia dan pengiriman komputer ke seluruh KPU di daerah di seluruh Indonesia.