Buka Puasa Ay-Yamul Bidh

Minggu, 10 Mei 2015 20:46:24

 

Setiap sebulan sekali, selain menggelar kegiatan syiar dakwah, Masjid An-Nuur juga memiliki tradisi baik yaitu menyelenggarakan puasa sunnah yaitu Puasa AY-YAMUL BIDH pada tanggal 13, 14 dan 15 di setiap bulan hijriyah. Kegiatan terus berlangsung dengan lancar.

Kegiatan sunnah Nabi ini diikuti oleh sebagian jamaah Masjid An-Nuur. Para jamaah yang akan menyelenggarakan puasa sunnah ini telah disiapkan sahur bersama dan buka bersama di Masjid An-Nuur. Di mana konsumsi sahur dan buka puasa disponsori oleh Pandu Logistics.

Kegiatan Puasa AY-YAMUL BIDH ini menjadi satu dari beberapa kegiatan syiar Islam di Masjid An-Nuur ini. Di antaranya sholat qiyamullail berjamaah setiap hari Jumat dan Ahad dini hari. Semoga kegiatan syiar ini terus istiqomah dan membawa keberkahan, amin.

 

Berikut beberapa hadis tentang Puasa AY-YAMUL BIDH:

 

“Rasulullah SAW memberi wasiat kepada (ABU DARDA) agar aku berpuasa tiga hari dalam setiap bulan (Puasa Ay-yamul Bidh) mendirikan shalat Dhuha dua rakaat dan shalat Witir sebelum aku tidur (HR. BukHori)

“Rasulullah SAW bersabda, “Puasa tiga hari setiap bulan (Puasa Ay-yamul Bidh) sama halnya dengan puasa dan berbuka sepanjang tahun” (HR. Ahmad)

“Wahai Abu Dzar, apabila engkau berpuasa tiga hari dalam satu bulan maka berpuasalah engkau pada 13, 14 dan 15 Hijriyah” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

“Rasulullah SAW berpuasa tiga hari setiap bulan (Puasa Ay-yamul Bidh)” (HR. Abu Dawud)

“Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa tiga hari pada setiap bulan (Puasa Ay-yamul Bidh) maka dia telah berpuasa satu tahun penuh” (HR. Ahmad)

“Puasa pada bulan Ramadhan dan puasa tiga hari pada setiap bulan (Puasa Ay-yamul Bidh) adalah puasa sepanjang masa” (HR. Ahmad)