Saling Menghormati

Senin, 30 Mei 2011 06:55:01

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan hubungan antara manusia dengan manusia yang lain. Karena itu, dalam Islam sikap saling menghormati sangat dianjurkan untuk membina ukhuwah.

Pengajian ba’da Shalat Shubuh pada 29 Mei 2011 ini hadir sebagai penceramah adalah Ustadz Drs. H. Kirman Wibowo dari PUSBINTAL TNI-AL Jakarta. Adapun tema yang diangkat adalah ’Saling Menghormati’.

Ustadz Kirman menyitir sebuah ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan salling menghormati, yaitu surat An-Nisa: 86 ”Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.”  

Menurut Ustadz Kirman, di antara sikap saling menghormati itu adalah menghormati kedua orangtua. ”Kita dianjurkan menghormati orang tua dengan cara berterima kasih kepadanya, tahu diri dan memelihara tutur kata saat berbicara dengan keduanya,” jelasnya.

Menghormati kedua orang tua juga bisa dengan mendoakan keduanya, meminta ampunan untuk keduanya, memuliakan teman-temannya, dan membangun silaturahim terhadap orang-orang yang pernah bersama orang tuanya.

Selain menghormati orang tua, juga menghormati hubungan antara pimpinan dan karyawan. Seorang pimpinan harus memenuhi hak dari karyawan, begitu juga karyawan harus memenuhi kewajibannya sebagai orang yang bekerja. Jika tidak dilaksanakan keduanya maka bukan termasuk umat Rasulullah.

Terakhir, menghormati antara yang sakit dan yang sehat. Yang sehat memberikan doa kepada yang sakit, begitu juga yang sakit juga ikut mendoakan yang sehat. Karena doa keduanya sangat mustajab.